Pengertian Alat Presentasi Proyektor Untuk Pemula

Pengertian Proyektor untuk Pemula

Kalau kita membahas proyektor, sudah tentu kita membahas tentang teknologi presentasi. Yang namanya teknologi presentasi juga akan berkaitan dengan visualisasi baik gambar maupun tulisan, betul?

Mengapa teknologi presentasi dibutuhkan? Sudah jelas bahwa ketika kita menjelaskan sesuatu dihadapan banyak orang, maka tampilan gambar dan tulisan yang jelas akan membuat presentasi menjadi lebih menarik.

Sebelum mengenal proyektor lebih dalam, ada baiknya kalau kita baca dulu teknologi presentasi konvensional hingga saat ini ada beberapa yang masih sering digunakan.

Presentasi Konvensional


Papan Tulis Kapur










Nah, siapa yang masa SD nya dulu menggunakan papan tulis jenis ini? Dulu sang guru tercinta sering menggunakan kapur untuk menulis di papan ketika menjelaskan materi di kelas. Papan tulis ini sudah cukup lama sekali ada jauh sebelum saya lahir di tahun 1996. Papan tulis ini biasanya berwarna dasar hitam tapi saya juga pernah menemukan ada yang berwarna dasar hijau.

Lapisan papan tulis ini cenderung kasar supaya bisa digores dengan kapur. Kapur yang sering digunakan biasanya berlogo seseorang menggunakan topi wisuda. Hayo masih ingat tidak?

Papan Tulis Whiteboard










Papan tulis ini adalah kemajuan dari papan tulis kapur. Berbeda dengan papan tulis kapur yang berlapis warna hitam atau hijau, papan tulis whiteboard ini berlapis warna dasar putih karena menggunakan spidol hitam sebagai alat tulisnya.

Papan tulis whiteboard sudah banyak kita temui sekarang ini karena dinilai lebih jelas hasil tulisan dipapan, tidak berdebu saat menghapus dan tinta spidol bisa diisi ulang tanpa harus membeli spidolnya secara utuh. Jadi cukup membeli tinta hitam saja.

Flip Chart










Istilahnya asing ya bagi Anda? Flipchart adalah kumpulan ringkasan dari materi (gambar, tulisan, tabel) yang akan disampaikan kepada audience yang bisa dibuka (flip) secara berurutan. Lalu terbuat dari apa flipchart ini? Bahanya cuma dari kertas berukuran plano, panjang dan lebarnya sekitar 100 cm x 65 cm. 

Flipchart ini masih sering saya lihat di workshop - workshop, ya memang sudah jarang juga yang menggunakan ini karena dinilai boros. Selesai dipakai, dicorat coret terus dibuang. Lalu hanya orang yang duduk dibagian depan saja yang bisa melihat dengan jelas.

Copyboard










Nah yang satu ini asing juga mungkin bagi Anda. Copyboard adalah pembaruan dari teknologi presentasi konvensional yang dimodernkan. Jadi disini kita corat coret menggunakan spidol sama seperti di whiteboard tapi kita juga bisa langsung menyimpan ke laptop untuk di print.

Presentasi dengan  Proyeksi

OHP (Overhead Projector)










Hayoo sudah pernah dengar istilah ini? atau mungkin pernah melihat benda seperti digambar?
OHP adalah perangkat keras, alat yang dibentuk dari sebuah kotak yang ditutup dengan benda bernama transparansi. Di dalam kotak tersebut ada cahaya yang terang dan menyorot dari dalam kotak kemudian dibiaskan oleh sebuah lensa khusus bernama fresnel melalui transparansi tadi.

Saya pernah melihat alat seperti ini di kampus dan lembaga bimbingan belajar. Jadi sang tutor mengambil seperti mika berbentuk persegi dan menempatkannya diatas transparansi kemudian menulis menggunakan spidol. Sebelumnya juga disiapkan screen untuk melihat hasilnya, jadi dari jarak yang jauh (duduk belakang) kita masih bisa melihat dengan jelas.

Meskipun sudah cukup modern, alat ini masih dinilai boros lho. Karena kita harus membeli media seperti mika tadi, sekali pakai terus dibuang dan ganti dengan yang baru. Oleh sebab itu saat ini banyak yang lebih menggunakan proyektor dan laptop daripada alat - alat diatas yang tadi sudah saya jelaskan di awal - awal.

Lalu, apa itu Proyektor ?










Proyektor adalah perangkat yang memanfaatkan cahaya dari optik dan teknologi display untuk menampilkan gambar, video dan tulisan. Mengapa proyektor? Karena flexibel, bisa dibawa kemana saja, tidak ribet, hasilnya jelas baik warna dan keterangannya. Ketika menggunakan proyektor, Anda juga harus tahu tips dan cara merawat proyektor supaya awet dna tahan lama

Selama saya membuka jasa persewaan alat multimedia termasuk proyektor ini, banyak juga lho yang menggunakan proyektor untuk seminar, wedding, pagelaran wayang, band dan nonton bareng. Bahkan yang terbaru adalah teknik video mapping yang mendesain gedung atau bangunan biasa menjadi luarbiasa dengan menggunakan bantuan proyektor.


Selain dinilai efektif dan efisien menggunakan proyektor, hasil gambar visual yang ditamilkan oleh proyektor ini bagus. Ketika penyelenggara menggunakan proyektor, maka ada kesan profesional dan perfetionist yang ingin diberikan pihak penyelenggara kepada audience.

0 comments:

Post a Comment