Tips dan Cara Merawat Proyektor

Tips dan Cara Merawat Proyektor

Tips Merawat Proyektor
Banyak orang mampu membeli proyektor dan mampu mengoperasikannya tetapi tidak banyak yang mau merawatya. Kebanyakan setelah selesai dipakai, proyektor dimasukkan tas dan diletakkan begitu saja, padahal merawat proyektor juga penting. 

Mengapa perlu perawatan pada proyektor ? 

Tentu untuk memperpanjang umur dan menjaga supaya proyektor tetap dapat bekerja dengan maksimal.

Untuk merawat proyektor Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, cukup baca postingan ini dan mempraktekkannya di rumah secara rutin.

Mari kita mulai 

1. Menyalakan Proyektor

Sebelum menyalakan, pastikan kabel VGA dan kabel power sudah terhubung ke proyektor. Setelah itu hubungkan kabel power proyektor ke saklar listrik. Gunakan remote proyektor untuk menjaga tombol - tombol pada royektor tetap awet. Karena jika rusak, biaya untuk mengganti cukup mahal.

2. Bersihkan Filter Proyektor Secara Rutin

Untuk pemakaian dengan frekuensi yang sering, biasanya untuk mengajar di kelas atau media ketika rapat di kantor, jangan lupa membersihkan filter proyektor. Anda bisa menggunakan vacum cleaner, kuas atau kompressor untuk menghilangkan debu pada filter. Debu yang menyumbat filter dapat menghalangi aliran udara sehingga proyektor cepat panas. Bila panas berlebih, maka temperatur bisa cepat panas dan proyektor bisa terbakar.

3. Mematikan Proyektor

Ketika Anda selesai menggunakan proyektor, jangan langsung mencabut kabel powernya. Tetapi gunakan tombol power pada remote untuk mematikan. Biasaya ketika kita menekan tombol power, maka pada display proyektor akan muncul pertanyaan dan kita cukup menekan tombol powernya sekali lagi. Setelah itu tunggu prosesnya hingga proyektor benar-benar mati.

4. Pastikan Proyektor Tidak Terlalu Panas

Ketika Anda menggunakan proyektor dalam waktu yang cukup lama, luangkan waktu untuk mengistirahatkannya agar lampu proyektor tidak terlalu panas. Dan ketika Anda selesai mematikannya, jangan langsung memasukkannya ke dalam tas. Tetapi biarkan dulu beberapa menit untuk meredakan panas di dalam proyektor tersebut. Setelah dirasa tidak terlalu panas, silahkan memasukkannya ke dalam tas.

5. Gunakan Eco Mode

Kebanyakan proyektor sudah dibekali fitur ini untuk secara otomatis mengatur kecerahan lampu berdasar kecerahan ruangan untuk menghemat listrik dan panas yang dihasilkan oleh lampu proyektor sehingga dapat memperpanjang umur proyektor.

6. Jangan Menghalangi Ventilasi

Ventilasi disini yaitu celah - celah pada body proyektor yang merupakan lokasi dimana kipas membuang udara panas dari dalam ke luar, sehingga jangan menghalangi / menutupi ventilasi tersebut supaya proses pembuangan udara panas dari dalam proyektor tidak terhambat.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Dalam Menggunakan Proyektor

Dengan mempraktekkan 6 tips merawat proyektor tersebut dapat memperpanjang umur royektor Anda dan mengurangi proyektor dari resiko kerusakan. Jika Anda memiliki pengalam atau informasi yang tidak kami jelaskan pada postingan ini, silahkan Anda berbagi tips melalui komentar dibawah


Regards
SMD Visual
www.rentalmultimedia.com

Thanks sudah mampir, jangan lupa add friend ya.........
https://www.facebook.com/mrodang



1 comment: