Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

4 Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan


Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan


Apa itu Proyektor ? Proyektor adalah rangkaian alat optik yang berfungsi memvisualkan / menampilkan tulisan, gambar, video bahkan audio pada bidang datar supaya dapat dilihat oleh banyak orang dengan jelas. Ada istilah - istilah yang melekat pada proyektor yang selama ini mungkin Anda sering baca tetapi tidak terlalu mengerti kegunaannya kan ? Istilh - istilah tersebut yaitu Contrast Ratio, Brightness, Display Technology, dan Resolution yang akan kita bahas pada postingan ini


Yuk langsung saja kita mulai tips memilih proyektor sesuai kebutuhan


1. Contrast Ratio

Contrast Ratio adalah perbedaan antara ketajaman 1 warna dengan warna yang lain yang bisa dihasilkan oleh proyektor. Maksudnya begini, contrast ratio yang tinggi membuat warna terlihat begitu tebal dan jelas dibanding dengan contrast ratio yang rendah.


Apa itu Contrast Ratio Pada Proyektor


Contrast Ratio yang tinggi akan mengirimkan warna tertajam, misal warna hitam akan terlihat sangat hitam dan warna putih akan terlihat sangat putih. 

Bagi Anda yang membutuhkan proyektor untuk rumah, contrast artio 2000:1 sudah cukup, tetapi untuk teater seperti di bioskop, butuh contrast ratio yang lebih besar.


2. Brightness



Brightness adalah kecerahan cahaya yang dihasilkan oleh proyektor, biasanya disebut menggunakan satuan Lumens. Semakin tinggi nilai Lumens, maka cahaya yang dihasilkan semakin terang. Nilai Lumens pada proyektor itu beragam mulai ratusan hinggga ribuan. Untuk proyektor dengan nilai Lumens yang tinggi bentuknya besar, butuh sekitar 3-5 orang untuk mengangkatnya. Bayangkan betapa besarnya.

Bagi Anda yang ingin membeli proyektor untuk rumah atau ruangan kecil, proyektor 1000 - 2000 Lumens sudah cukup, tetapi untuk ruangan yang lebih besar seperti aula berjumlah sekitar 200 - 500 orang, butuh proyektor dengan lumens mulai dari 2600 - 5000 itu sudah cukup supaya detil tulisan yang ditampilkan oleh proyektor dapat terbaca jelas bagi audience yang duduk dibelakang.


3. Display Technology


Umumnya, proyektor dikategorikan menjadi 2, yaitu menggunakan LCD (atau yang serig disebut 3LCD) dan DLP. Lalu apa bedanya?


Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mari kita simak 


Efisiensi Listrik

Dengan daya yang sama, LCD mampu memberi sorotan yang lebih terang daripada DLP

Kualitas Pixel

DLP memakai jutaan kaca kecil untuk memvisualkan sebuah gambar sehingga pixel yang dihasilkan begitu rapat daripada LCD

Kualitas Warna

Proyektor yang menggunakan LCD memiliki saturasi dan ketajam yang lebih baik daripada DLP sehingga gambar yang dihasilakan oleh LCD dapat menyerupai gambar aslinya.

Kualitas Display Video

DLP mampu menghasilkan tampilan video dengan lebih halus karena tidak perlu memecah cahaya menjadi 3 seperti yang dilakukan oleh LCD sehingga cahaya yang dihasilkan dapat langsung di kirimkan melalui chip untuk dipancarkan

4. Resolution


Ada 4 tipe resolusi pada proyektor :



  • SVGA (800 x 600)
  • XGA (1024 x 768)
  • SXGA (1280 x 1024)
  • UXGA (1600 x 1200)
Semakin tinggi resolusi yang bisa dihasilkan oleh proyektor, maka ketajaman dan kualitas gambar juga tinggi. Untuk keperluan meeting dan presentasi kelas cukup dengan resolusi SVGA / XGA, tetapi jika untuk pemutaran video dengan jumlah audience yang banyak > 500 orang, resolusi yang besar juga patut diperhitungkan

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Dalam Menggunakan Proyektor

Kesimpulan Tips Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan


Sesuai dengan judul pada postingan ini, maka kita tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk apakah proyektor yang kita beli ini akan digunakan? dimana menggunakannya? dan berapa perkiraan audiencenya?

Jika digunakan untuk presentasi di kelas, meeting dan display gambar dengan audience sekitar < 200 orang. Kita cukup menggunakan proyektor dengan lumens dibawah 3000, contrast ratio 2000:1 dan spesifikasi relevan pada produk proyektor tersebut.


Tetapi jika digunakan untuk nonton bareng sepak bola atau pemutaran film, gunakan proyektor dengan lumens diatas 3000 dengan contrast ratio yang tentu lebih tinggi dan resolusi yang besar untuk hasil visual yang tajam dan dapat dinikmati oleh penonton


Regards

SMD Visual
www.rentalmultimedia.net


Thanks sudah mampir, jangan lupa add friend ya.........
https://www.facebook.com/mrodang





0 comments:

Post a Comment